Lagi, Jombang Menjadi Jujugan Studi Banding


Jombang, SMN - Selasa (24/01) siang, menempati Ruang Pertemuan Bung Tomo di Pemkab Jombang. DPRD Kabupaten Banyuwangi dan Mojokerto berkunjung ke Jombang. Kunjungan ini berkaitan dengan studi banding tentang pengelolaan anggaran Jamkesda, Jamkesmas, dan pelaksanaan SPM.
Rombongan dua kabupaten ini, diterima Drs. Ins Sulistyono MBA, MM Staff Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan Pemkab Jombang. Kesempatan itu, turut mendampingi beberapa SKPD, seperti Dinas Kesehatan, Bagian Kesra, dan RSUD Jombang.
Forum studi banding itu diawali dengan perkenalan. Kesempatan pertama dari Kabupaten Banyuwangi dilanjutkan Mojokerto. Bersamaan itu, ketua rombongan menyampaikan maksud kedatangannya di Pemkab Jombang ini. ” Kami ingin mengetahui bagaimana pengalokasian anggaran jamkesda dan pelaksanaan SPM di Jombang,” Ungkap Made Jahyanegara Ketua Rombongan DPRD Banyuwangi.
Awal tahun 2012 DPRD Kabupaten Banyuwangi akan merampungkan rancangan peraturan daerah (raperda) tentang jaminan kesehatan masyarakat Banyuwangi. Sejauh ini, disampaikan Made bahwa sebelum merampungkan raperda itu. Kabupaten Banyuwangi ingin mendapatkan banyak gambaran dari kabupaten lain. Tentang pengalokasian anggaran Jamkesda. Dengan harapan Raperda berjalan optimal. ” Bisa mengcover masyarakat miskin yang tidak terdata di jamkesmas,” ujarnya.
Sementara dari Mojokerto, keberadaan rumah sakitnya (RSUD Mojokerto) yang akan berganti menjadi Badan Layanan Umum (BLU). Ungkap salah seorang Anggota DPRD Kabupaten Mojokerto, sistem manajemen Rumah Sakit akan berubah. Maka sebelum melangkah menjadi BLU, pihaknya ingin sharing informasi di RSUD Jombang. ” Rumah Sakit di Jombang kan udah BLUD, maka kita ingin tau lah seperti apa sistem manajemennya,” terangnya.
Forum terasa lengkap, ketika perwakilan dari Dinas Kesehatan dan RSUD Jombang memaparkan program dan inovasi yang sudah di lakukan. Forum studi banding lintas kabupaten ini, di akhiri dengan sesi tanya jawab. (PJ)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Lagi, Jombang Menjadi Jujugan Studi Banding"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA