Akibat Hantaman Angin Kencang Pemerintah Kota Batu Akan Ganti Kerugian Masyarakat


Batu, SMN - Dalam tiga hari terakhir ini pada (27/01) hari jum’at lalu Kota Batu dan Malang raya dihantam angin kencang, baik siang maupun malam. Akibat dari peristiwa ini setidaknya sejumlah bangunan, pohon, dan reklame tumbang. Peristiwa ini setidaknya membuat Pemerintah Kota Batu bergerak cepat merespon fenomena alam ini. Respon yang diambil Pemerintah Kota Batu, diantaranya dengan menggelar koordinasi dengan instansi-instansi terkait di ruang Sekretaris Daerah di Jl. Panglima Sudirman Batu.
Sekretaris Daerah Kota Batu Widodo, SH, MM, Menggelar Rapat koordinasi dan dalam koordinasi itu mengintruksikan agar semua Camat menginvetarisir kerugian yang diderita masyarakat, termasuk kerugian yang dialami pemerintah. Menurut Sekretaris Daerah, pendataan tidak cukup bangunan maupun reklame, tetapi semua kerugian yang merugikan masyarakat seoptimal mungkin untuk didata, seperti genting, kaca yang pecah, maupun kerugian-kerugian yang lain.
Sekretaris Daerah Widodo juga menyatakan , kalau pemerintah rencananya dalam waktu dekat akan mengganti kerugian masyarakat itu melalui pos dana tak terduga dari paket bencana, untuk diperlukan pendataan yang rinci oleh Camat, dibantu Lurah dan Kepala Desa. Khusus untuk kerusakan parah seperti bangunan rumah, atau bangunan-bangunan perkantoran akan diperbaiki melalui pos anggararan paska bencana. Selain upaya mengganti kerugian masyakat, Pemerintah Kota Batu juga akan melakukan pemberian bantuan sembako untuk keluarga korban yang mengalami musibah ini.
Dalam koordinasi terungkap hasil pendataan sementara yang dilakukan oleh Kantor Kesatuan Bangsa Politik Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas), jumlah pohon yang tumbang mencapai 21 pohon, 2 bangunan roboh, serta 5 baliho rusak. Data sementara yang dihimpun Kantor Kesbangpolinmas, kerugian materiil akibat peristiwa ini ditaksir, sudah mencapai Rp. 500 Juta.Dari hasil pertemuan itu, Pemerintah Kota Batu juga membuka Posko Bencana di Kantor Kesbangpolinmas.
Dalam koordinasi penanganan bencana ini dipimpin langsung Sekretaris Daerah dan dihadiri Instansi terkait, seperti Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang, Satpol PP, serta para Camat yang ada di Kota Batu. Pemantapan koordinasi stategi penanganan bencana terus dilakukan, termasuk koordinasi Jum’at siang ini yang dilakukan diruang Binapraja Balaikota Batu. (HMS/Az)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Akibat Hantaman Angin Kencang Pemerintah Kota Batu Akan Ganti Kerugian Masyarakat"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA