Stategis Networking Adakan Pelatihan Taknik Penyusunan Peraturan Desa di Banyuwangi

              Banyuwangi, SMN - Bentuk kerja sama antara pemerintah desa dengan strategis networking kini semakin tampak di kalangan desa, dengan diadakan pelatihan implementasi pemahaman hukum permendagri no. 4 tahun 2007 tentang pengelolaan kekayaan desa yang dilaksanakan pada gelombang pertama bertempat di kantor desa Lemahbang Kulon kecamatan Singojuruh Banyuwangi yang diikuti kurang lebih 100 peserta yang terdiri dari para kepala desa dan staf desa serta salah satu anggota BPD. Yang tersebar di 4 kecamatan, untuk gelombang kedua bertempat di kantor desa Ketapang kecamatan Kalipuro Banyuwangi dan ketiga bertempat di kantor desa Benculuk kecamatan Cluring serta yang keempat bertempat di kantor desa Genteng Kulon.
Salah satu materi yang di sampaikan dalam pelatihan tersebut yaitu tentang teknik penyusunan peraturan desa (perdes, red) dan penyusunan keputusan kepala desa dan lain sebaigainya yang notabene banyak kepala desa serta staf desa masih belum menguasai bahkan kesulitan untuk pembuatan peraturan desa terkait masalah pengelolaan kekayaan desa.
Dalam pelatihan tersebut juga diterangkan secara detail dan jelas bahwa strategisnetworking yang bekerja sama dengan asosiasi kepala desa kabupaten Banyuwangi (askab, red) akan selalu siap membantu dalam kesulitan-kesulitan desa dalam pembuatan atau penyusunan perdes, tutur Arif menerangkan kepala peserta.
Di waktu yang sama dalam sesi Tanya Jawab peserta banyak yang menanyakan tentang keluhan yang ada d desanya seperti ketakutan ketika di datangi oleh wartawan dan LSM karena merasa mempunyai kesalahan dengan lantang Iwan Arif sebagai kordinator kegiatan menjelaskan kepada peserta pelatihan apabila ada wartawan dan LSM yang datang tidak usah lari dan tidak usah takut karena wartawan dan LSM adalah mitra kerja pemerintah desa karena tidak semua pihak external tersebut bertugas hanya menakut-nakuti kepala desa bahkan kini mulai terbangun rasa kemitraan terhadap pemerintah desa dengan pihak external. Apabila ada oknum tersebut karena para wartawan dan LSM di Banyuwangi masih belum ada wadah yang jelas untuk menaungi dalam bertugas sehingga banyak yang lepas dari tupoksi masing-masing.
Strategis networking terdiri dari beberapa LSM dan wartawan yang tergabung di dalamnya yang kini mulai berfikir akan mencarikan solusi-solusi terhadap kesulitan-kesulitan desa.
Iwan Arif pria yang mirip keturunan tionghoa ini menambahkan bahwa harapan dari diadakan pelatihan seperti ini agar kepala desa dan juga staf desa mampu membuat perdes serta peraturan-peraturan lain di desanya secara baik dan berkualitas dan yang terpenting tidak melanggar undang-undang di atasnya, dan yang jelas pelatihan ini bermanfaat bagi pemerintah tingkat desa khususnya. (arifin)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Stategis Networking Adakan Pelatihan Taknik Penyusunan Peraturan Desa di Banyuwangi"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA