Pupuk Organik untuk Peningkatan Hasil Pertanian

            Nganjuk, SMN - Pupuk Organik untuk Peningkatan Hasil Pertanian. Demikianlah yang disampaikan Bupati Nganjuk Drs H Taufiqurrahman saat membuka Seminar Nasional Peranan Pupuk Organik Herbafarm Dalam Peningkatan Produksi Pertanian di Gedung LM3 Al Furqon Desa Jogomerto Tanjunganom pada Sabtu, (30/7).

Selain 200 peserta dari Gabungan Kelompok Tani dan LM3 Kabupaten Nganjuk, hadir pula Kepala Balai Pelatihan Pertanian Malang Dr Ir Adang Warya, Direktur Pemasaran PT Nutrend International, anak perusahaan Sidomuncul yang menangani pupuk organik, pejabat Dinas Pertanian, Dinas Kesehatan dan Muspika Tanjunganom serta tokoh masyarakat setempat.
Bupati menjelaskan bahwa tanah pertanian kita sudah semakin miskin akan unsur hara, maka para petani diharapkan untuk mempergunakan pupuk organik. Dengan pupuk organik dapat lebih efisien karena tidak terlalu membutuhkan biaya tinggi sehingga produksi pertanian lebih ditingkatkan.
Bupati juga menyempatkan diri untuk wawancara dengan salah seorang petani bawang merah asal Kecamatan Bagor. Dia mengatakan telah menggunakan pupuk organik untuk tanaman bawang merahnya hingga mendapakan hasil yang memuaskan, namun saat panen raya harganya turun. Mendengar hal tersebut Bupati menyarankan untuk menunda menjual hasil penennya.
Sementara itu Kepala Balai Pelatihan Pertanian menjelaskan bahwa Pupuk Organik adalah pupuk yang sebagian besar atau seluruhnya terdiri dari bahan organik yang berasal dari tanaman atau hewan yang telah melalui proses rekayasa, dapat berbentuk padat atau cair yang digunakan untuk mensuplai bahan organik. Dengan penggunaan pupuk organik atau pengembalian bahan organik ke dalam tanah akan berpengaruh pada kesuburan tanah sehingga dapat meningkatan produksi hasil pertanian, efisiensi penggunaan pupuk, menjaga kelestarian lingkungan hidup, memperbaiki tekstur tanah dan memperkaya unsur hara makro dan mikro. (dto)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Pupuk Organik untuk Peningkatan Hasil Pertanian"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA