Lomba Masak Serba Ikan


            Kediri, SMN - Dalam upaya peningkatan konsumsi ikan, Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Kediri menggelar Lomba Masak Serba Ikan pada Rabu (8/6). Bekerja sama dengan TP-PKK Kabupaten Kediri, lomba yang diselenggarakan di Pendopo Kabupaten tersebut digelar dalam rangka Cipta Menu Ikan Tahun 2011. Sebanyak 52 peserta, yakni dua perwakilan dari masing-masing kecamatan se-Kabupaten Kediri bersaing untuk menjadi yang terbaik dalam ajang tersebut.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Sri Suparmi mengungkapkan bahwa disamping untuk meningkatkan konsumsi ikan, digelarnya lomba ini bertujuan untuk meningkatkan peran serta TP-PKK Kabupaten dan Kecamatan dalam rangka mewujudkan kecukupan protein hewani masyarakat yang bersumber dari ikan. Melalui kegiatan ini pula, diharapkan para ibu untuk lebih kreatif menciptakan menu berbahan dasar ikan yang asupan gizi dan proteinnya sangat berguna untuk semua anggota keluarga.
Ditemui di acara yang sama, Bupati Kediri Haryanti Sutrisno mengatakan lomba kreasi menu ikan merupakan salah satu upaya menyukseskan program Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) yang telah dicanangkan sejak tahun 2004 lalu. Selain itu, dengan berbagai menu yang tercipta dalam kegiatan ini turut pula menunjang keberadaan wisata kuliner di Kabupaten Kediri.
Lebih lanjut Haryanti mengungkapkan, meski tidak terdapat perairan laut di wilayah Kabupaten Kediri, bukan berarti kebutuhan ikan tidak dapat dipenuhi. “Manfaatkan pekarangan atau halaman rumah kita dengan membuat kolam dan memelihara ikan. Selain bisa menjadi sumber penghasilan, ikan kaya akan gizi dan protein yang bermanfaat bagi balita hingga manula” tegas Haryanti.
Pentingnya ikan kembali disampaikan Haryanti ketika berdialog dengan peserta lomba. Bupati Kediri ini melihat langsung berbagai kreasi masakan. Beberapa menu tampak menarik disajikan para peserta. Menu-menu tersebut diolah dari berbagai bahan seperti lele, nila, gurami, bandeng dan teri. Ada beberapa menu baru dan kreatif seperti kanbudo (ikan bumbu balado), bandeng isi bumbu padang, kuthuk setan hijau, bakso ikan fantasi dan sarang lele ganas.
Dengan berbagai pertimbangan seperti kreativitas, rasa dan penyajian, dewan juri pun menetapkan pemenang lomba. Perwakilan PKK Puwoasri dengan nomor urut 20 berhasil menjadi Juara I, sedangkan peserta dengan nomor 23 yakni perwakilan PKK Ringinrejo berhasil menjadi Juara II. Juara III kembali diraih perwakilan PKK Purwoasri dengan nomor peserta 31. Sedangkan Juara Harapan I dan Juara Harapan II masing-masing diraih oleh perwakilan PKK Banyakan dan Wates. Para pemenang berhak mendapatkan tropi yang diserahkan oleh Bupati Haryanti Sutrisno. (adv/kan)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Lomba Masak Serba Ikan"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA