Tidak Seperti Fungsi Awal


Jalan di Sepanjang Pasar Kebalen Rusak Parah
Tampak : kondisi jalan yang sudah rusak
Malang SMN - Mengenai jalan rusak di jalan Zainal Zakse seputar pasar Kebalen kota Malang memang sangatlah mengganggu pengguna jalan, seperti halnya yang diungkapakan beberapa pengemudi yang melalui jalan tersebut, mereka sangat mengeluh dan sangat terusik karena harus berkendara di jalan yang begitu banyak lubang dan beresiko, apalagi kalau hujan turun sangatlah membahayakan bagi keselamatan setiap pengemudi khususnya pengendara sepeda motor, karena jalan yang semakin licin dan berlumpur. “Saya juga tidak ngerti mas, kenapa pemerintah hanya diam dan duduk manis, seolah-olah tidak mau tahu dengan jalan yang sangat memprihatinkan ini, padahal jalan rusak ini sudah bertahun-tahun!”, keluhnya.
Disinggung mengenai jalan rusak di seputar pasar Kebalen ini, Dinas PU (Pekerjaan Umum),  Heroe, sebagai Kepala Bidang Bina Marga, ketika ditemui di ruang kerjanya (23/05), mengatakan bahwa dia membenarkan mengenai jalan rusak tersebut, namun di tengah permasalahan ini, Dinas PU sendiri serba salah, dikarenakan jalan rusak di seputar pasar Kebalen terebut yang panjangnya ± 700 meter dan fungsi awalnya dibuat sebagai jalan, tetapi kemudian dialihfungsikan menjadi pasar. Masih dalam konteks yang sama, Dinas PU melempar sepenuhnya pada Dinas Pasar, Karena kurang efektifnya Dinas Pasar dalam membersihkan limbah sampah di area tersebut sehingga akan menambah kerusakan jalan, dan apabila jalan tersebut akan diperbaiki, tetapi selama Dinas Pasar tidak bisa menertibkan pedagang dan membersihkan limbah sampah, Dinas PU pun tak bisa berbuat apa-apa lagi, karena jalan yang akan dibangun akan rusak kembali disebabkan oleh banyaknya limbah pasar. Lain halnya jika jalannya bersih, dan fungsinya kembali seperti semula yakni memang dibuat jalan umum bukan pasar. “ Mau dibenerin yang kayak gimana mas?, jalannya aja masih banyak limbah limbah sampah seperti itu, dan fungsinya saja sekarang sudah beda, yang memang awal  mulanya diperuntukkan jalan, akan tetapi dibuat untuk pasar, percuma saja diperbaiki, padahal masih banyak tempat yang membutuhkan dan lebih bermanfaat yang bisa dibenahi dulu, nanti kalau jalan tersebut sudah kembali ke fungsi awalnya, Insya Allah perbaikan jalan akan bisa diwujudkan!”. Papar Heroe.
Terkait permasalahan tersebut , sebelumnya antara Dinas PU dan Dinas Pasar sudah duduk bersama untuk membicarakan hal tersebut agar prospek ke depan jauh lebih baik, namun sampai saat ini belum terealisasi . Masih menurut Heroe, bahwa dia  tidak tahu persis akan hal tersebut karena tergantung pemimpin yang terdahulu. Bahkan pernah ada salah satu petugas dari Dinas Pasar yang datang ke kantor Bina Marga untuk mendesak pembangunan jalan rusak di sepanjang pasar Kebalen, lalu pihak PU menanyakan kembali apakah pasar tersebut memang sudah benar benar bersih dari limbah sampah dan sesuai dengan fungsi awalnya.. Petugas dari Dinas Pasar tersebut malah tak menjawab dan langsung meninggalkan kantor Bina Marga. Sampai saat ini, Kepala Dinas Pasar tidak dapat ditemui dengan alasan sedang diluar kotabersambung. (az)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Tidak Seperti Fungsi Awal"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA