Pembagian Zakat Fitrah, Infaq dan Shodaqoh di SDN 1 Kauman Kota Malang

SDN 1 Kauman Malang
Drs. Dasuki, MM
           Malang, SMN - Seusai melaksanakan puasa Ramadhan sebulan penuh, setiap umat Islam wajib mengeluarkan zakat fitrah sebagai bentuk pembersih diri. Dan mereka yang berhak menerima zakat tersebut adalah fakir miskin. Meski begitu, dalam Al Qur’an yang disebutkan ada delapan golongan yang berhak mengurusi zakat, mualaf atau orang baru masuk Islam dan butuh penguasaan diri, hamba sahaya, gharimia atau mereka yang terlilit hutang untuk kebutuhan yang baik, fisabilillah dan ibnusabil atau mereka yang kehabisan bekal dalam perjalanan.

          Dalam moment pembagian zakat yang dilakukan setiap tahunnya oleh umat Islam, SDN 1 Kauman Kota Malang mengadakan acara pembagian zakat pada Kamis (25/8) di halaman sekolah. Nanang Suhariadi, sebagai ketua panitia pelaksanaan menuturkan, bahwasanya pembagian zakat di tahun ini untuk sekolah mengeluarkan 424 bungkus, dengan masing-masing perbungkusnya berisikan beras 2,5 kg dan yang sebesar Rp 10.000,- Dan untuk pembagian zakat tersebut bapak atau ibu guru SDN 1 Kauman, hal tersebut dilakukan supaya tepat dalam penyalurannya. Selain itu memang dan sebelumnya pihak sekolah menghimbau kepada Bapak/Ibu guru yang membagikan kupon, agar yang menerima zakat fitrah adalah orang yang benar-benar tidak mampu dan orang yang melaksanakan ibadah sholatnya lancar, dikarenakan ada hubungan eratnya. “Jadi kalau ada satu biji beras yang tercecer, kami akan mengambilnya. Selain itu diartikan jangan sampai orang yang telah berpuasa memberikan zakat kepada yang tidak sholat, sehingga puasanya tidak sampai dan puasanya gantung antara bumi dan langit. Maka dari itu dibutuhkan kehati-hatian dalam penyalurannya” tegas Suhariadi.
          Selanjutnya Suhariadi juga berharap dan acara pembagian zakat yang dilaksanakan di SDN 1 Kauman, akan dapat memupuk silaturahmi yang baik antara pihak sekolah dan warga, dan juga dapat melaksanakan mengamalan nilai-nilai agama dengan baik.
          Mengenai acara tersebut Drs. Dasuki, MM sebagai kepala sekolah mengatakan sangat senang dan bersyukur karena acanya cukup bagus dan lancer. Acara pembagian zakat yang dilakukan disekolah ini memang agenda tahunan, bahkan diawal kepemimpinbannya sudah ada, namun ada sedikit berbeda untuk distribusi zakat dari 2 tahun terakhir di SDN 1 Kauman, yakni pemberian zakat sekaligus dengan pemberian infaq. Masih dalam konteks yang sama Dasuki juga menjelaskan SDN 1 Kauman mempunyai kegiatan menarik lainnya yang dipusatkan di dua panti asuhan yakni Al Hikmah dan Nur Hikmah dalam acara pembagian zakat, inaq dan shodaqoh untuk masing-masing panti asuhan diberikan uang tunai Rp. 1.000.000,-
            Diharapkan dari kegiatan tersebut semakin meningkatnya kesadaran kita bahwa selaku umat Islam mempunyai kewajiban membayar zakat dan sekaligus meningkatkan kewajiban moral untuk memberikan santunan bagi kaum dhuafa’. Disamping itu yang perlu diingat kita semua hidup di dunia ini tidak hidup individu melainkan bermasyarakat dan saling tolong menolong. Dan diharapkan pula dari acara tersebut dapat meningkatkan spiritual kepekaan terhadap Al Kholik dan social. Acara ini murni untuk keagamaan”, imbuhnya. (As)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Pembagian Zakat Fitrah, Infaq dan Shodaqoh di SDN 1 Kauman Kota Malang"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA