Sanggar Info Tani Resmi di Launching


Banyuwangi, SMN - Kabar gembira bagi petani di Kecamatan Pesanggaran, pasalnya pada tanggal 12 Mei 2011 yang bertempat di Kantor BPP Pesanggaran, SMS Gateway atau teknologi penyedia layanan harga produk pertanian di Kecamatan Pesanggaran, hanya dengan menggunakan SMS resmi di launching oleh Camat Pesanggaran Drs, Danisworo M.si.
Dalam acara yang dihadiri oleh pengurus kelompok tani se-Kecamatan Pesanggaran ini difasilitasi oleh BPP Pesanggaran, PT.Indo Multi Niaga menggandeng lembaga PUPUK (Perkumpulan Untuk Peningkatan Usaha Kecil) dari Bandung untuk mendatangkan teknologi SMS Gateway tersebut dan menjelaskan ke pengurus kelompok tani se-Kecamatan Pesanggaran.
            Teknologi SMS Gateway ini memiliki fungsi yang dapat digunakan petani, pedagang, dan instansi terkait untuk pemantauan atau pengumpulan info harga, dan info lainnya. Serta juga dapat Memantau dan Mengumpulkan problem yang terjadi di lapangan melalui sms beserta pengelolanya. Program ini juga bermanfaat untuk petani dalam memantau dan mengelola info harga, info lainnya serta dapat dijadikan sebagai media koordinasi antar petani yang efektif.
            Dalam acara Launching tersebut, Manager CRD Pramono Triwahyudi dan Haris dari LSM-PUPUK (Perkumpulan Untuk Peningkatan Usaha Kecil) Bandung juga menjelaskan mekanisme kerja dari program SMS Gateway ini, mulai dari cara kerja operator yang menjalankan system computer, informan yang mengupdate harga lapangan tiap-tiap desa, dan juga dijelaskan cara anggota untuk mengakses harga komoditas pertanian dengan menggunakan Ponsel mereka. Berdasarkan diskusi yang dilakukan oleh semua elemen yang hadir dalam acara tersebut, didapat kesepakatan untuk nama program ini yaitu “SANGGAR INFO TANI”.
            Operator dari perangkat sistem ini diambil dari beberapa staf BPP Pesanggaran dan staf PT.Indo Multi Niaga. Sedangkan Untuk informan, tiap-tiap desa di kecamatan diambil salah satu orang yang nantinya orang tersebut mengirimkan harga terbaru komoditas pertanian di desa mereka ke system yang sudah ada di BPP Pesanggaran dengan menggunakan Ponsel (telepon seluler). Sehingga perkembangan terbaru harga komoditas pertanian selalu berubah mengikuti harga pasaran yang baru masuk di sistem.
            Dengan adanya program ini, petani yang tergabung dan ikut program ini akan dapat selalu mengetahui perkembangan harga hasil pertanian mereka hanya dengan mengirimkan SMS pertanyaan ke nomer yang ada di system SMS Gateway. Sehingga apabila anda ingin mengetahui perkembangan harga komoditas pertanian seperti Gabah, Jagung dan Kedelai segera daftakan nomer anda di BPP Pesanggaran. (TRI)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Sanggar Info Tani Resmi di Launching"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA