Gelar KRAT untuk Amin


Ponorogo, SMN - Bertempat di Keraton Surakarta Hadiningrat pada Sabtu (25/6) Bupati Ponorogo H. Amin SH telah menerima gelar kebangsawanan yang diserahkan langsung oleh Susuhunan Paku Buwono XIII Tedjowulan. Sekarang nama dia menjadi Kanjeng Raden Aryo Tumenggung (KRAT) H. Amin. SH.
Karena mempunyai komitmen yang tinggi dalam nguri-nguri seni dan kebudayaan jawa, maka Pengageng Parentah Keraton Surakarta Hadiningrat memandang bahwa H. Amin berhak mendapatkan gelar kebangsawanan tersebut. Begitu tiba-tiba datangnya undangan dan utusan yang menjelaskan soal gelar tersebut hingga membuat terkejut H. Amin (27/06).
Didik Setyawan Kabag Humas dan Protokoler menambahkan bahwa pihak Keraton dengan diam-diam telah melakukan pemantauan.Dengan indikasi telah digelarnya agenda tahunan festival reog nasional, reog mini, serta kegiatan-kegiatan lainya yang dianggap mendukung tumbuhnya generasi-generasi seni di Ponorogo. "Meski Bupati telah menyandang gelar kebangsawanan, namun tidak mengharuskan untuk menambahkan atau menyebutkan gelar KRAT didepan namanya," Bupati memang bangga dan menghargai gelar kebangsawanan tersebut, tapi dia meminta untuk tidak selalu menuliskan gelar KRAT didepan namanya.Yang penting komitmen pengembangan seni serta budaya itu yang harus dilanjutkan", tambah didik.
Sementara Bupati sebagai penerima gelar tersebut merasa bukan tanpa konskuensi. Dengan tambahan KRAT itu dia mempunyai tanggung jawab moral untuk selalu aktif melestarikan budaya-budaya jawa utamanya yang berasal dari daerah Ponorogo,dan bukan sekedar mrnggelar kegiatan-kegiatan yang bertajug budaya.Namun dia juga wajib mengadakan regenerasi seniman daerah. "dua item itulah yang menjadi pertimbangan utama pihak Keraton memberikan gelar tersebut", tutur Amin. (ars)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Gelar KRAT untuk Amin"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA