Camat Sukapura Bentuk Desa Wisata Unggulan


Probolinggo, SMN - Camat Sukapura  Hudan Sariffudin S.Sos. MSi. menilai karena kebanyakan para aparat desa di Wilayah kecamatan Sukapura ini segi Sumber Daya Manusianya belum mampu. Maka untuk mewujudkan Desa-desa diseluruh Kecamatan Sukapura menjadi desa wisata unggulan, Camat dan Stafnya setiap seminggu sekali yaitu setiap hari Rabu, mengadakan kunjungan kedesa dengan tujuan sosialisasi dan mengadakan pembinaan agar  nantinya  pemerintahan desa bisa mandiri, tidak selalu membebani pihak kecamatan dan yang seharusnya menjadi tanggung jawab pemeritahan desa dapat dilakukannya sendiri. Tidak harus meminta tolong ke pihak kecamatan terus menerus. Camat Hudan juga mencontohkan beberapa hal misalnya mengenai surat menyurat, pembuatan proposal, SPJ desa, dan lain-lain.
Lebih lanjut Camat Hudan menjelaskan bahwa pembinaan ini sudah dilakukannya sejak tiga bulan yang lalu dan Hudan optimis dalam jangka dua tahun seluruh desa desa di wilayahnya akan mampu mandiri dan menjadi Desa Wisata unggulan di Kabupaten Probolinggo. Bahkan Camat juga berusaha agar desa-desa di wilayahnya menjadi Desa Internasional, dan menurutnya itu sangat mungkin karena wilayah Sukapura sudah dikenal oleh Dunia Internasional, dengan obyek wisatanya yaitu Gunung Bromo.
Menjawab pertanyaan Suara Media Nasional tentang “langkah atau kiat kiat apa yang dilakukan, untuk dapat terwujut menjadi desa internasional atau desa wisata unggulan ? “ Camat Hudan menjawab, Langkah pertama yang diambil dengan menyatukan Visi dan Misi, setelah itu pembinaan Administrasi Desa, yang berkenaan dengan seksi seksi, antara lain seksi pembangunan, pemerintahan, kesra, kependudukan, dan lain-lain.
Camat juga menambahkan : karena wilayahnya baru saja terkena dampak erubsi Gunung Bromo, maka upaya membina masyarakat agar dapat meningkatkan pendapatan dengan jalan Alternatif,atau dengan upaya terobosan  misalnya saja dengan membudidayakan tanaman jamur, yang sangat bagus prospek kedepannya, terlebih di wilayahnya para Touris asing sangat membutuhkan, dan saat sekarang menurutnya sudah ada sekitar 60 rumah jamur yang telah berproduksi, dan diakhir pembicaraannya Camat juga mengharabkan kedepan ada  kemungkinan,  nantinya wilayahnya menjadi Gunung Jamur. Saat Suara Media Nasional mau pamit, Camat juga kedatangan tamu dari siswa SMP yang ingin meminta restu akan pergi ke Jambore Nasional. (edy)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Camat Sukapura Bentuk Desa Wisata Unggulan"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA