Walikota Probolinggo Louncing Green Barter Sampah


Probolinggo, SMN-Badan Lingkungan Hidup (BLH) Pemkot Probolinggo pada Kamis (24/5) baru-baru ini bertempat dihalaman Gedung Musium jalan Soeroyo Kota Probolinggo melakukan Launchinng Green Barter Dan Sosialisasi Pengolahan Sampah Ramah Lingkungan yang diikuti oleh segenap kelompok Paguyuban Pengolahan Sampah (Papesa) se-Kota Probolinggo, Tim Penggerak PKK sekota Probolinggo, seluruh RW dan elemen masyarakat.

Acara tersebut dihadiri oleh Wali Kota Probolinggo HM. Buchori, Wakil Wali Kota H. Bandyk Soetrisno, sekretaris Daerah H. Johny Haryanto, Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) setempat, anggota DPRD setempat, seluruh Kepala SKPD dilingkungan Pemkot Probolinggo, serta Camat dan Lurah sekota Probolinggo. Launching Green Barter Dan Sosialisasi Pengolahan Sampah Ramah Lingkungan tersebut dibuka secara resmi oleh Wali Kota Probolinggo HM. Buchori.
Kepala BLH Kota Probolinggo Ir. Budi Krisyanto selaku Ketua Panitia Pelaksana acara tersebut, Melaporkan anggaran pelaksanaan kegiatan dari anggaran APBD Pemkot Probolinggo dari pos BLH,dan Dasar pelaksanaannya adalah atas petunjuk Wali Kota Probolinggo. penyelenggaraan Gren Barter ini dengan tujuan bagaimana agar supaya sampah yang selama ini masih dibiarkan atau hanya dibakar maka dengan melalui Green Barter sampah bisa ditukar dengan Kompos, atau bibit pohon untuk penghijauan, maka diharapkan agar semua elemen masyarakat bisa lebih peduli kepada kebersihan lingkungan, Dilaporkan juga oleh BUDI KRIS, terkait unsur penggeraknya adalah, Tim Penggerak PKK, Papesa, Unsur Pengolah sampah, dan unsur pengusaha sampah se-Kota Probolinggo, juga POKMAS, lebih lanjut Budi Krisyanto dalam laporannya menyampaikan dalam hal ini Pemkot Probolinggo bekerja sama dengan pengusaha sampah serta adanya penemuan alat pengolahan sampah plastik yang bisa dibuat menjadi bahan bakar minyak, terang Budi Kris dalam laporannya.
Wali Kota Probolinggo HM. Buchori SH.MSi, dalam sambutannya menyampaikan launching Green Barter Dan Sosialisasi Pengolahan Sampah Ramah Lingkungan ini juga masih merupakan rangkaian dari Gerakan Peduli sadar lingkungan (GP Darling) yaitu gerakan untuk melatih pada masyarakat/kita semua untuk peduli terhadap kebersihan lingkungan. Sedang kalau kita berbicara masalah sampah kita harus mengawali dari sumbernya, yaitu masyarakat. Kalau ada sampah dibiarkan berarti iman kita perlu dipertanyakan, karena kalau sampah sampah dibiarkan akan menjadi masalah di kota ini ,
Dalam sambutannya HM. Buchori juga menyampaikan Tahun 2012 ini verifikasi adipura ditiadakan dan ada beberapa daerah yang akan mendapat anugerah Adipura. Kota Probolinggo tahun 2012 ini masuk nominasi Adipuara Kencana, bahkan direksi penilai adipura pusat meminta kepada daerah kota/kabupaten lain supaya bisa dan mau mencontoh Kota Probolinggo, ungkap Wali Kota. Selain adipura Insya Allah Kota Probolinggo tahun ini juga mendapat anugerah Wahana Tata Nugraha (WTN), karena Kota Probolinggo sudah 6 (enam) kali mendapat anugerah WTN. Dan tahun ini pula ada 5 (lima) lembaga pendidikan di Kota Probolinggo yang bakal mendapat anugerah Adiwiyata, terang HM. Buchori.
HM. Buchori juga bersyukur karena dalam semester ke 1 (satu) tahun 2012 ini Pemkot Probolinggo mendapat penilaian dari LPH, Kota Probolinggo mendapat nilai tertinggi WTT. Menyinggung masalah penyelenggaraan Seminggu di Kota Probolinggo (Semipro) tahun 2012 yang pelaksanaannya dijadwalkan pada 24 s/d 31 –Juni mendatang HM. Buchori menyampaikan dalam Semipro nanti juga akan diadakan penilaian Musium se-Jawa Timur, dan dalam Semipro nanti berharap adanya tampilan Seni yang berkwalitas, harapnya.
Dalam kegiatan Semipro 2012 ini nanti menurut HM. Buchori, juga akan digelar kegiatan Potensi Daerah yang akan dihadiri oleh tamu dari 11 (sebelas) Negara melalui Konsulat di Jatim, dan para tamu dari 11 negara tersebut nanti juga akan ikut menyaksikan/melihat kegiatan Seminggu Di Kota Probolinggo (Semipro), Jelas Wali Kota Buchori. (edy)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Walikota Probolinggo Louncing Green Barter Sampah"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA