Gelar Produk Unggulan Ramaikan BBGRM Ke IX dan HKG PKK Ke-40


Probolinggo, SMN-Dalam rangka memeriahkan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-IX dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-40 Tingkat Kabupaten Probolinggo Tahun 2012, Dinas Pertanian setempat ikut berpartisipasi dengan mengadakan Gelar Produk Unggulan yang dilaksanakan di balai Desa Asembakor Kecamatan Kraksaan, Senin (21/5).
Kegiatan yang diikuti oleh 24 kecamatan se Kabupaten Probolinggo ini mengangkat tema ”Pemanfaatan Hasil Pertanian Lokal Menjadi Produk Olahan Unggulan”.
Tidak hanya hasil pertanian saja yang ditampilkan, tetapi juga produk olahan yang dimiliki oleh masing-masing daerah.
Gelar produk unggulan ini dihadiri oleh Bupati Probolinggo Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si dan Ketua TP. PKK Kabupaten Probolinggo Hj. Tantri Hasan Aminuddin, SE. Tampak pula jajaran Forpimda (Forum Pimpinan Daerah) Kabupaten Probolinggo seperti Kapolres Probolinggo AKBP Gatot Soegeng Soesanto, Ketua Pengadilan Negeri Kraksaan Taufan Mandala dan perwira penghubung Kodim 0820 Probolinggo.
Hadir pula Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo H. M. Nawi dan Ketua GOPTKI (Gabungan Organisasi Penyelenggara Taman Kanak-kanak Indonesia) Kabupaten Probolinggo Hj. Yuni Nawi, Kepala Satker, Camat, Kepala Desa dan Sekretaris Desa serta pengurus organisasi keagamaan, organisasi kemasyarakatan dan organisasi kewanitaan.
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Probolinggo Nanang Trijoko Suhartono mengatakan momen gelar produk unggulan ini menjadi istimewa bagi para insan pertanian. Selain bisa mempererat jalinan silaturrahim, kegiatan ini juga bisa menjadi ajang mempromosikan produk-produk pertanian, baik hasil pertanian maupun olahan sehingga memungkinkan terciptanya peluang bisnis melalui stand-stand pasar murah yang menjual aneka produk pangan.
”Gelar produk unggulan ini bertujuan untuk mencari produk unggulan baik berupa hasil pertanian maupun olahan yang ada di Kabupaten Probolinggo,” ujar Kepala Dinas Pertanian Nanang Trijoko Suhartono.
Sementara Bupati Probolinggo Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si berpesan supaya hasil bumi yang diperoleh oleh petani dicarikan solusi pasar keluarnya. Sehingga produk unggulan masing-masing kecamatan bisa dipasarkan dan dapat menambah pendapatan petani. Begitu juga halnya dengan hasil dan mutu tembakau supaya dicarikan solusinya dengan para pedagang supaya harga bisa tetap stabil asalkan hasil panen dan taninya baik.
”Baik dan buruknya hasil pertanian sangat ditentukan oleh masyarakat itu sendiri. Selain itu jangan lupa untuk selalu beribadah dan memohon kepada Allah agar diberikan hasil pertanian yang melimpah dan berkah,” ungkap Bupati Hasan.
Bupati Hasan dan Ny. Tantri didampingi oleh jajaran Forpimda dan Sekda Nawi serta Kepala Satker dan Camat menyempatkan diri untuk meninjau gelar produk unggulan di masing-masing stand dari tiap-tiap kecamatan se-Kabupaten Probolinggo. Produk unggulan tersebut berupa sayuran, buah-buahan dan bahan makanan pokok hasil pertanian seperti beras, beras merah dan kedelai. Selain itu juga ada produk olahan unggulan yang ada di Kabupaten Probolinggo. (jok)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Gelar Produk Unggulan Ramaikan BBGRM Ke IX dan HKG PKK Ke-40"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA