Seni Kuntulan Semarakan Pembukaan MHQ


Tegal, SMN - Ada yang menarik pada pembukaan Ajang Musabaqoh Hifdzil Qur'an (MHQ) Pesantren ke-9 tingkat Provinsi Jawa Tengah yang digelar dihalaman Masjid Agung Kabupaten Tegal, Senin (28/5) malam.
Dalam pembukaan tersebut ditampilkan salah satu kesenian daerah Kabupaten Tegal yaitu seni Kuntulan yang turut menyemarakan pembukaan MHQ. Menariknya lagi dan tidak seperti biasanya, Seni Kuntulan kali ini diperagakan oleh siswa putri. Dimana biasanya kuntulan diperagakan oleh kaum pria.

Gerak tari seni kuntulan yang digelar ini, merupakan perpaduan antara seni Islami dan Jawa kontemporer. Perpaduan antara seni Islami dan Jawa itu terkesan indah, bahkan liukan siswi penari selain karena keluwesannya, juga nampak dinamisasi dengan kandungan seni Kuntulan yang juga bernuansa seni bela diri. "Kuntulan yang ditampilkan nampak indah dan apik, apalagi dibawakan oleh siswa putri," ungkap salah satu pengunjung, Ali.
Namun dari semua itu, pagelaran seni Kuntulan yang melibatkan ratusan siswi SD dan siswa SMA binaan UPTD Dikpora Kecamatan Dukuhwaru dan Slawi tersebut, merupakan sebuah prestasi yang patut dibanggakan. Apalagi semua pesertanya adalah masyoritas dari siswi SD, sementara siswa SMA hanya beberapa orang saja.
Sementara itu Ketua Panitia Daerah MHQ, Drs Haron Bagas Prakosa, MHum mengatakan MHQ digelar dalam rangka mengembangkan ukhuwah islamiyah dan upaya untuk membentuk karakter generasi muda islam. "Diharapkan lewat MHQ ini, akan menghasilkan generasi qur'ani," katanya.
Tema MHQ Pesantren ke-9 tingkat Jateng, kata Bagas yang juga Sekretaris Daerah Pemkab Tegal, yaitu membumikan nilai-nilai Al Qur'an sebagai implementasi terciptanya generasi Qur'ani. "Kafilah MHQ seluruhnya berjumlah 350 orang dari Kabupaten/Kota se Jateng," pungkasnya. Dalam kesempatan tersebut juga diisi dengan penampilan Grup Kencer / terbang jawa "Suara Hati" dari Rohani Islam (Rohis) SMA Negeri 01 Slawi. (Jon)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Seni Kuntulan Semarakan Pembukaan MHQ"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA