Gus Ipul Resmikan Pembukaan Festival Reog Nasional Ke XVIII


Ponorogo, SMN - Aloon-aloon Kab. Ponorogo pada Senin (21/11) sejak sore hari sesak penuh dengan pengunjung baik dari warga masyarakat Kab.Ponorogo maupun dari daerah – daerah lain seperti Riau, Surabaya dan kota-kota yang lain bahkan ada beberapa turis manca negara yang sengaja hadir untuk menyaksikan Perayaan Grebeg Suro 1 Muharram 1433 H dan pembukaan Festival Reog Nasional ke XVIII. Agenda Tahunan di Kabupaten Ponorogo ini memang sudah menjadi budaya yang selalau ditunggu-tunggu oleh masyarakat Kab.Ponorogo dan daerah-daerah lain bahkan negara-negara sekitar setiap tahunnya.
Tahun ini peserta Festival Reog Nasional diikuti 53 group reog, baik dari daerah maupun luar daerah. Acara yang diawali dengan sajian seni dan tari karya anak negeri ini sangat atraktif dan meriah.
Dalam sambutannya Bupati Ponorogo. H.Amin.SH. diantaranya menyampaikan ,”Kabupaten Ponorogo memiliki keanekaragaman budaya yang tumbuh dan berkembang seirama dengan dinamika kehidupan masyarakat dan peradabannya”. Selain itu H.Amin SH, juga mengatakan bahwa,” Komunitas budaya dengan segala aspek kehidupannya seperti sektor sosial, seperti sistem kepemimpinan, sistem keyakinan, sistem mata pencaharian dan lain lain adalah merupakan wujud budaya, sehingga menjadi bagian dari kebudayaan daerah yang perlu dilakukan pembinaan, dan upaya pelestariannya. Mengandung pengertian melindungi, mengembangkan dan memanfaatkan.
Sedangkan Drs.H.Saifullah Yusuf yang dikenal dengan Gus Ipul Wakil Gubernur Jawa Timur, mewakili Gubernur Jawa Timur sebelum meresmikan pembukaan Festival Reog Nasional ke XVIII, dalam sambutannya diantaranya mengatakan bahwa “kita semua yang hadir sungguh mencintai reog sebagai bagian dari sejarah kita, Bung Karno pernah mengatakan, ”Jas Merah” jangan melupakan sejarah. Reog juga merupakan bagian sejarah bangsa ini, reog juga ikut memerdekakan bangsa ini, untuk itu jangan sekali-kali ada pihak lain yang sengaja mengakui reog sebagai miliknya, hanya Ponorogo yang berhak mengklaim sebagaia yang memiliki Reog”. (Sy)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Gus Ipul Resmikan Pembukaan Festival Reog Nasional Ke XVIII"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA