Bupati Haryanti Canangkan Penanaman 3,4 Juta Pohon

            Kediri, SMN - Sebanyak 1500 orang dari berbagai elemen masyarakat memadati lokasi pencanangan gerakan penghijauan di SDN Kalipang 2 Desa Kalipang Kecamatan Grogol pada Rabu pagi (28/11),

Bupati Haryanti membuka gerakan penghijauan yang diselenggarakan sebagai peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional di Kabupaten Kediri. Tema yang diusung pada penghijauan kali ini adalah Sukseskan Gerakan Penanaman Satu Milyar Pohon Tahun 2011.
Acara yang dimulai pukul 06.30 WIB tersebut dihadiri oleh jajaran Muspida Kab. Kediri, pejabat dan karyawan di lingkungan Pemkab Kediri, TNI, instansi pemerintah dan swasta, BUMD, TP. PKK Kecamatan se-Kab. Kediri, Perhutani KPH Kediri, pelajar, mahasiswa, LSM dan masyarakat.
Diungkapkan oleh Bupati Haryanti, program penanaman satu milyar pohon pada hakikatnya merupakan bentuk komitmen bersama dalam upaya penurunan emisi untuk mengantisipasi pemanasan global serta upaya pengurangan deforestasi. Tentu saja program penghijauan ini akan dapat berjalan dengan sukses jika semua pihak ikut berpartisipasi.
“Mulai dari individu, keluarga, kelompok, desa, kecamatan hingga pemda harus mengupayakan penanaman pohon dimulai dari sekarang. Jangan hanya menanam saja, tapi juga harus dirawat. Sehingga dalam waktu 5-10 tahun mendatang, kita dapat menikmati bumi yang indah dan hijau berseri serta jauh dari ancaman bencana alam” tutur Bupati Haryanti.
Lebih lanjut Bupati Haryanti juga mengajak kalangan pendidikan mulai TK hingga SMU untuk melaksanakan program Sekolahku Hijau dan Sehat dengan cara menanami halaman sekolah masing-masing. “Untuk murid-murid sekolah, mari menanam mulai dari sekarang, karena pohon yang kalian tanam, akan bermanfaat untuk masa depan kalian” ajak Haryanti.
Ditemui di kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Sugeng Waluyo menyampaikan bahwa penanaman satu milyar pohon ini dimulai pada tanggal 1 Pebruari 2011 dan berakhir pada 31 Januari 2012. “Penanaman satu milyar pohon merupakan lanjutan dari aksi penanaman serentak yang dimulai sejak tahun 2007 oleh seluruh masyarakat Kabupaten Kediri. Untuk program penghijauan ini sebanyak 3,4 juta tanaman akan ditanam di Kabupaten Kediri” kata Sugeng.
Pada gerakan penghijauan ini, Bupati Haryanti menyerahkan bantuan bibit kepada Ketua TP. PKK Kab. Kediri, Kepala Desa dan anak sekolah. Kepada murid-murid sekolah tersebut, Bupati Haryanti memberikan contoh dengan menanam pohon di halaman SDN Kalipang 2 Kecamatan Grogol. Selain itu, Bupati Haryanti juga menyerahkan kendaraan operasional kepada penyuluh kehutanan lapangan. (adv/kan)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Bupati Haryanti Canangkan Penanaman 3,4 Juta Pohon"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA