Sejarah Singkat Berdirinya Pondok Pesantren “Al HASYIMI”

KH Moh Muzayyin Basyuri, S.Ag
Bondowoso, SMN
Perkembangan dan perubahan yang terjadi dalam kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara di Indonesia tidak terlepas dari perubahan global, perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi, seni dan budaya serta semakin canggihnya perkembangan informasi dan komunikasi. Perkembangan dan perubahan ini akan membawa dampak positif dan negatif, dampak posotif akibat perubahan itu misalnya : lancar dan mudahnya komunikasi, transportasi tanpa mengenal jarak – lintas – batas.
Sedang dampak negatifnya akan memperketat persaingan yang tidak sehat, terutama bagi mereka yang masih dalam keadaan dan kondisi yang serba kekurangan atau tertinggal.
Perkembangan dan perubahan secara terus menerus ini menuntut perlunya peran serta dan konsentrasi penuh peningkatan lembaga pendidikan, baik pada kegiatan belajar mengajar maupun pengadaan sarana sangat urgen kiranya ditingkatkan untuk dapat menunjukkan kiprahnya di tengah tengah masyarakat kaitannya dengan masuknya dampak negatif diatas.
Yayasan Pendidikan Anak Asuh dan Yatim Piatu (YAPATU) dibawah pengelolaan Pondok Pesantren Al Hasyimi (PPH) Sukosari (Panggang) Tamanan Bondowoso serta berafisiasi dengan PP. Nurul Jadid Karang Anyar Paiton Probolinggo dan mendapat binaan para pengasuhnya adalah sebagai lembaga pendidikan yang berperan aktif dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengelola 6 (enam) unit pendidikan yaitu : 1) Taman Kanak Kanak Al Hasyimi, 2) Taman Pendidikan Al Qur’an AL Hasyimi, 3) Madrasah Diniyah Al Hasyimi, 4) Madrasah Ibtidaiyah Al Hasyimi, 5) Madrasah Tsanawiyah Al Hasyimi, 6) Madrasah Aliyah Al Hasyimi.
Disamping sebagai lembaga pendidikan dalam perannya sebagai lembaga sosial YAPATU PP. A Hasyimi telah menampung anak asuh sebanyak   orang. Termasuk di dalamnya orang anak ayati. Hal ini dengan maksud menunjang peran pemerintah dalam menuntaskan kemiskinan sekaligus kesempatan yang sama kepada mereka dalam mengenyam pendidikan.
Lemabaga pendidikan Al Hasyimi berupaya menerapkan sistem pendidikan nasional yang pada dasarnya merupakan tanggung jawab kita bersama, dengan tujuan membentuk anak didik yang memiliki integritas dan kepribadian yang tangguh dengan berorientasi pada nilai nilai positif terhadap dirinya sebagai individu yang bertanggung jawab terhadap Tuhan Yang Maha Esa maupun sebagai anggota masyarakat serta warga negara yang memiliki dedikasi tinggi terhadap warga negara, memiliki ilmu pengetahuan yang produktif untuk masa depan anak.
Visi Pondok Pesantren “Al HASYIMI”. Supaya Pondok pesantren Al Hasyimi menjadi tempat belajar yang menyenangkan dan menjadi kebun ilmu bagi umat Islam, khususnya masyarakat Sukosari dan Masrakat Se Kabupaten Bondowoso pada umumnya.
Misi Pondok Pesantren “Al HASYIMI”. A) Siswa atau santri dapat mengerti dan mengetahui serta memahami dan mengamalkan dasar dasar moral yang sesuai dengan ajaran Islam. B) Pondok pesantren Al Hasyimi sebagai lembaga pendidikan dapat memberikan bimbingan belajar kepada siswa sebagai dasar untuk dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. C) Mencetak generasi yang berakhlakhul karimah, serta beriman kepada Allah SWT.
Begitulah ungkapan kata dari Pengasuh PP Al HASyimi, KH Moh Muzayyin Basyuri, S.Ag saat di konfirmasi. (Agus/Yusi)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Sejarah Singkat Berdirinya Pondok Pesantren “Al HASYIMI”"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA