Menteri Sosial Serahkan Bantuan Bencana Gunung Bromo Probolinggo


Penyerahan bantuan
Probolinggo, SMN
Di rumah Dinas Bupati Probolinggo, hari kamis (27/01), Menteri Sosial Serahkan Jadup (Jaminan Hidup) Sebesar Rp 2,292 M. Setelah meninjau langsung ke lokasi bencana di desa Ngadirejo, Kecamatan Sukapura, Kab. Probolinggo kunjungan Menteri Sosial tersbut dilanjutkan ke Pendopo Kabupaten Probolinggo, tepat pukul 11.30 WIB, kendaraan roda empat bermerk  Toyota Fortuner berwarna hitam dengan no pol RI 32  yang merupakan kendaraan dinas Mensos memasuki halaman pendopo dengan diikuti puluhan mobil dinas berplat merah, mengenakan setelan safari berwarna hitam, Salim Segaf Al-Jufry yang ditemani istrinya Hj Zaenab Alwi Basri, disambut langsung oleh Bupati Probolinggo.
Pertemuan yang juga dihadiri perwakilan pejabat dari Pasuruan, Malang, Trenggalek, Mojokerto dan Provinsi Jatim itu, Bupati Probolinggo, Drs H Hasan Aminuddin M.Si mengucapkan selamat datang di daerah yang dipimpinnya.”Pak Menteri bersama istri dan rombongan kami ucapkan selamat datang di Kab Probolinggo,” ujarnya mengawali sambutannya.
Drs. H Hasan Aminuddin M.Si melaporkan bahwa bencana erupsi Gunung Bromo menerjang di empat kecematan, yakni, Sukapura, Lumbang, Kuripan dan Sumber. Bupati Hasan lebih lanjut melaporkan kepada Mensos,  tentang keadaan  wilayah Geografis dan mata pencaharian penduduk Kabupaten Probolinggo, serta perbatasan Wilayahnya.
Dalam kesempatan tersebut, Menteri Sosial juga memberikan bantuan dari program Jaminan Hidup (Jadup) untuk bencana akibat erupsi gunung Bromo sebesar Rp 2.292.120. 000; ke pada Bupati Probolinggo dan juga Beras seberat: 751 ton, yang dalam waktu dekat akan segera dibagikan kepada warga yang berhak meneri
Selain itu Mensos Menyerahkan pula secara simbolis bantuan kendaraan operasional penanggulangan bencana masing-masing 1 unit RTU Rescue kepada Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang dan Kabupaten Trenggalek. Berikutnya 1 unit truk kayu untuk Kabupaten Mojokerto dan 1 unit mobil water treatment untuk Kabupaten Sumenep.
Untuk bantuan berupa Kredit, dalam hal ini Mensos juga memberikan bantuan Kredit Usaha Bersama (KUBE) melalui dana dekonsentrasi untuk Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Situbondo dan Kabupaten Bondowoso. Setiap daerah mendapatkan 74 KUBE dengan nilai bantuan Rp 20 juta untuk setiap KUBE.
Kinerja Bupati Probolinggo, Drs H Hasan Aminuddin M,Si dalam penanganan bencana akibat erupsi Gunung Bromo Mendapat  beragam pujian, bahkan tak tanggung-tanggung, acungan jempol langsung dari Menteri Sosial (Mensos), Salim Segaf Al-Jufry, saat kunjungan kerjanya di Rumah dinas Bupati Probolinggo pada Kamis siang (27/01) pekan lalu.
Menteri asal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu  dalam jumpa pers saat menjelang keberangkatannya  kembali ke Jakarta mengatakan bahwa: Bantuan dari Kementerian Sosial untuk Jaminan Hidup (JADUP) ini selama satu bulan “ Insya Alloh saya yakin dalam waktu sebulan itu tanah pertanian yang ada diwilayah sekitar Gunung Bromo sudah dapat ditanami kembali”.
Selain itu dalam kesempatan ini MENSOS  juga memuji perkembangan kampong siaga bencana yang ada di desa Ngadirejo.” Kampung siaga bencana yang ada disana (Ngadirejo, red) sudah berfungsi dengan baik, target dari kampong siaga bencana ini adalah agar masyarakat berada di garda terdepan untuk saling tolong menolong saat bencana,” pujinya. Salim Segaf Al-Jufry menjelaskan bahwa kedepannya Kampung itu akan memiliki SOP (Standar Operasional Prosedur) dalam penanggulangan bencana.
Sementara itu Kadinsos Kab Probolinggo, Dra Erlin Setiawati saat dijumpai diruang kerjanya pada Kamis petang (27/01) mengatakan bahwa pendistribusian dana Jaminan Hidup (Jadup) yang telah diberikan itu masih menunggu petunjuk dari pusat.” Karena program ini masih baru, jadi nunggu petunjuk dari pusat,” ujarnya Suara Media .
Erlin disini juga menjelaskan bahwa bantuan Jaminan Hidup (Jadup) hanya untuk diperuntukkan bagi korban bencana erupsi Bromo yang ada di Kec Sukapura.”Yang diajukan empat kecamatan, yakni, Sukapura, Lumbang, Sumber dan Kuripan, tapi yang disetujui hanya Sukapura saja,” jelasnya.
Lebih Rinci  Erlin juga menjelaskan bahwa : Dana Bantuan  Jadup nantinya akan diberikan bagi setiap jiwa senilai Rp 3 ribu/hari/jiwa selama sebulan. (edy)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Menteri Sosial Serahkan Bantuan Bencana Gunung Bromo Probolinggo"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA