Ujian Sekolah di Persiapkan Gelar Try Out

Pelaksanaan UNAS
Jombang, SMN
Meski penentuan kelulusan pada UNAS kali ini dipermudah, dengan mengakomadir nilai rapot dan nilai ujian sekolah, namun dinas pendidikan Jombang tidak mau gegabah dalam meningkatkan mutu peserta didik dan prosentase kelulusan. Sehingga uji coba UNAS akan tetap digelar pada Maret mendatang.

Tetap ada Try Out, ini untuk mengukur kemampuan siswa dengan pola sistem UNAS yang sebenarnya. Tutur sekretaris Dinas Pendidikan Jombang Muntolip. Disampaikannya, uji coba tersebut justru bisa membantu menyiapkan mental siswa dalam menghadapi UNAS. Setelah pihak sekolah membekali siswanya dengan pembelajaran intensif bersama (PIB) privat dan Try Out mandiri.
Rencananya, Try Out ini akan bisa di gelar pada pertengahan bulan Maret dan hanya dilaksanakan sekali saja baik untuk jenjang SMP/MTs, meupun jenjang SMA/SMK dan MA. Karena sebagian besar siswa sudah mengikuti Try Out mandir di sekolah maupun di tempat bimbingan belajar umum.
Setelah itu siswa akan mengikuti ujian akhir sekolah yang hasilnya juga mempengaruhi kelulusan. Terkait kelulusan UNAS kali ini papar Muntolip, diterapkan nilai gabungan antara nilai UNAS. Nilai sekolah dengan nilai rapor, sehingga di prediksi kelulusan tahun ini bakal lebih baik.
Kriteria kelulusan ini akan diambilkan dari 60% nilai ujian sekolah yang punya bobot 40% nilai ujian sekolah itu di dapatkan dari gabungan nilai ujian sekolah 60 % dan 40% nilai rata-rata rapor sementara 3-5 untuk jenjang SMA/SMK/MA. Sedangkan untuk ujian sekolah SMP, sama presentasenya, hanya yang digunakan nilai rapor sementara 1-5. “jadi saya yakin kelulusan ini juga tidak akal-akalan karena nilai tidak dipersiapkan sebelumnya, tegas Muntolip.
Khusus untuk sekolah kejuruan, nilai sekolah diambil dari 70% ujian praktik kejuruan ditambah 30% nilai ujian teori kejuruan, ujian praktik kejuruan ini dilakukan langsung oleh perusahaan atau instansi yang punya kerjasama dengan sekolah bersangkutan, dengan jadwal yang ditentukan masing-masing sekolah yaitu sebulan sebelum pelaksanaan UNAS. Seperti di beritakan sebelumnya, UNAS SMA/SMK/MA. Dilaksanakan pada tanggal 18-24 April, seminggu berikutnya disusul UNAS jenjang SMP dan MTs. Jadwal ini juga diperuntukkan UNAS susulan SMA sebagai siswa sebelumnya. Berhalangan hadir karena sakit. (Puji)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Ujian Sekolah di Persiapkan Gelar Try Out"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA