Empat Prolem Pendidikan di Jatim

Surabaya, SMN
Upaya peningkatan mutu pendidikan di Indonesia, khususnya di area Jawa Timur, terus dijalankan. Peningkatan mutu dilakukan dengan mengenali beberapa problem pokok pendidikan.
Upaya itulah yang digagas melalui konferensi pers yang diadakan di Gedung Departemen Pendidikan Nasional Surabaya, Jl Genteng Kali. Kegiatan dihadiri oleh tokoh-tokoh berpengaruh dalam kemajuan pendidikan. Antara lain Prof. Zainuddin selaku Dewan Pendidikan, serta Prof. Sunarto selaku Badan Akreditasi Sekolah.

Prof. Sunarto menjelaskan problema utama pendidikan di Indonesia sebenarnya terletak pada empat aspek. Pertama, masalah pemerataan pendidikan di mana hingga kini sekitar 40-60% masih belum mengenyam pendidikan. Kedua, mutu pendidikan yang belum dikategorikan baik. Ketiga, belum adanya relevansi pendidikan. Keempat, masih belum adanya efisiensi dan efektivitas pendidikan yang diperoleh akademisi.
Keempat problema tersebut bukan semata-mata hanya tugas dan tanggung jawab pemerintah. "Tanggung jawab di sini tidak berbicara tentang biaya saja. Tetapi, bagaimana keluarga dan lingkungannya juga harus ikut meningkatkan kreativitasnya," ujar Prof. Sunarto.
Sementara itu, Prof Zainuddin memaparkan, akademisi di Indonesia sering memperoleh medali emas dalam olimpiade pendidikan namun belum disertai dengan kreativitas yang menunjang kecerdasannya. Itulah sebabnya, kini pemerintah ingin meningkatkan mutu pendidikan yang dapat diukur dan berbasis pada persoalan lingkungan serta potensi di sekitarnya.
"Agar nantinya, lulusan-lulusan yang muncul bisa memecahkan persoalan yang ada di lingkungan dan daerahnya sendiri. Mereka harus punya kecakapan dalam mendayagunakan lingkungan sekitarnya. Jangan sampai hanya menciptakan masyarakat yang cerdas namun tidak bisa menjadi solusi bagi permasalahan lingkungan," ujar Prof. Zainuddin.

Upaya yang akan dilakukan pemerintah pada tahun 2011 ini akan melakukan pengakreditasian lembaga pendidikan sekitar 47.000 unit, khususnya untuk daerah Jawa Timur sebanyak 8.464 unit. Hasil dari pengakreditasian tersebut akan dicantumkan ke dalam website agar bisa diakses dengan mudah. (sam)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Empat Prolem Pendidikan di Jatim"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA