Bill and Melinda Gates Foundation Pantau WSP EAP di Jombang


Bill dan Melinda saat bertemu dengan Bupati Jombang
Jombang, SMN
Rabu (8/12) pagi, Kab. Jombang kembali mendapat kunjungan isimewa. Kali ini langsung dari Bill and Melinda gates Foundation USA (Amerika Serikat).
Kedatangan Frank Rijsberman, PhD yang menjabat sebagai Director Water, Sanitation and Hygine ke Jombang kali ini didampingi oleh Regional Team Leader WSP EAP (Water and Sanitation Program East Asia Pasific) Almud Weitz yang berkebangsaan Jerman.
Frank tiba di Jombang ditemani oleh seorang asisten dari Bill and Gates Foundation, 3 orang dari WSP regional Surabaya yakni Saputra, Wano Irwantoro dan Efentrip serta juru bicara Joko Wartono yang juga dari WSP regional Surabaya.
Kedatangan rombongan dari Bill and Gates Foundation dan WSP EAP tersebut diterima secara langsung oleh Drs.Widjono Soeparno, MSi didampingi Dr Suparyanto, MKes Kepala Dinas Kesehatan Kab.Jombang di ruang kerja Wakil Bupati.
Dengan tujuan untuk learning atau mempelajari sejauh mana perkembangan program sanitasi di Jombang terkait pelaksanaan, kebijakan dan strategi, Frank mengaku ingin mengetahui program apa saja yang selama ini sudah terjalin dengan Amerika. Melalui juru bicaranya, Frank menyampaikan bahwa saat ini kota asalnya yakni Seattle, Amerika Serikat sedang dalam masa pembangunan. “Kota kami Seattle adalah kota kecil, bahkan kantor kita lebih sederhana dari Jombang” tegasnya.
Menjawab hal tersebut Wabup Widjono menegaskan bahwa Pemkab Jombang sudah menjalin banyak kerjasama dengan pemerintah Amerika seperti dalam program pendidikan. “Kita sudah menjalin kerjasama cukup banyak dengan Amerika, seperti program yang kemarin diluncurkan saat Presiden Obama batal ke Indonesia, kita sudah lakukan pertukaran tenaga pendidik, saat ini di Jombang ada 3 guru atau tenaga pendidik dari Amerika Serikat yang sampai sekarang masih mengajar” ungkapnya.
Melalui juru bicaranya Frank juga menggali informasi sampai sejauh apa dampak positif yang sudah dilahirkan dari program WSP. Dr.Suparyanto,MKes langsung memberikan paparan bahwa sejak tahun 2008, Dinas Kesehatan telah mengevaluasi dampak yang dihasilkan dari Water and Sanitation Program. “Dari 1 indikator saja kita bisa lihat setelah mencanangkan program WSP, intensitas penyakit diare yang terjadi di Desa Gadingmangu Perak yang merupakan Desa ODF, sejak 2008 hingga sekarang menurun 30%” paparnya.
Masih menurut Suparyanto, secara bertahap Kabupaten Jombang akan menjadi kabupaten ODF (Open Defecation Free) pada 2014 mendatang. Di akhir diskusi Frank menyebutkan bahwa ingin menjalin kerjasama lebih dekat lagi dengan Pemkab Jombang lebih-lebih dapat mengundang ke Amerika. Hal tersebut disambut antusias Wabup Widjono. “Tinggal kita tunggu undangannya ke Amerika” tegasnya. (ji)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Bill and Melinda Gates Foundation Pantau WSP EAP di Jombang"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA