Optimalisasi Pemanfaatan Pekarangan



KEDIRI, SMN - Ketahanan pangan menjadi salah satu prioritas pembangunan nasional, dengan penganekaragaman pangan sebagai upaya untuk meningkatkan ketersediaan pangan yang beragam dan bergizi yang dibutuhkan bagi manusia untuk membentuk sumber daya manusia yang berkualitas.

Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan (BKP3) menyerahkan   Dana bantuan Sosial untuk kegiatan Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan (P2KP), optimalisasi pemanfaatan pekarangan melalui konsep Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) kepada 10 Kelompok Wanita Tani (KWT), 10 SD/MI sebagai pelaksana Kebun Sekolah dan kepada Gapoktan Gemat Desa Ringinpitu Kec. Plemahan sebagai penerima Dana Bansos Penguatan Lembaga Distribusi Pangan Masyrakat (P-LDPM) yang dilaksanakan di Balai Desa Grogol Kecamatan Grogol. Selasa (10/9)
Bantuan dana tersebut bertujuan untuk mencukupi ketersediaan pangan dan gizi ditingkat rumah tangga serta pemberdayaan kemampuan Kelompok Wanita Tani dalam membudayakan pola kunsumsi pangan yang beragam, bergizi seimbang dan aman (B2SA) serta memberdayakan kelembagaan Gapoktan agar mampu dan berdaya dalam melakukan aktivitas pendistribusian pangan, serta penyediaan cadangan pangan, melalui fasilitas pengutan modal usaha.
Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno dalam sambutannya mengatakan optimalisasi pemanfaatan pekarangan dilakukan dengan melaksanakan budidaya berbagai jenis tanaman, seperti aneka umbi, sayur, buah serta budidaya ternak dan ikan, dengan mengembangkan pertanian berkelanjutan. Kepada PPL harus berperan aktif agar bantuan yang diberikan dapat memberikan manfaat yang sebaik baiknya kepada masyarakat di Pedesaan.
Batuan diserahkan langsung oleh Bupati kepada penerima, yang dihadiri anggota Kelompok Wanita Tani (KWT), Pengurus Gapoktan, Koordinator BPP, PPL pendamping lokasi penerima Dana Bansos, Camat, Kepala Desa dan Dinas/Instansi lingkup Pertanian. (kan)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Optimalisasi Pemanfaatan Pekarangan"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA