Penganugerahan Pemenang Lomba Film Dokumenter Kelud Fest 2012


Bupati Kediri Hj. Haryanti Sutrisno,
bersama pemenang Lomba Kelud Fest 2012

KEDIRI, SMN - Bupati Kediri, dr. Hj. Hariyanti Sutrisno menyerahkan Anugerah Pemenang Lomba Film Dokumenter Kelud Fest 2012 yang menjadi acara utama rangkaian Festival Kelud 2012 di Gedung Museum dan Teater Kelud Sabtu (24/11). Sepuluh nominator dari dua kategori lomba hadir dalam penganugerahan lomba film dokumenter yang digagas oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kediri tersebut.

Lomba film tersebut diikuti oleh 34 peserta yang terdiri dari 16 peserta kategori umum dan 18 peserta dari kategori pelajar yang memperebutkan hadiah uang senilai Rp 20 juta. Peserta film tingkat regional tersebut diantaranya dari Surabaya, Pasuruan, Malang, Nganjuk dan peserta lokal Kediri. Lomba ini menunjuk dewan juri Hendro D. Laksono (pemimpin redaksi eastjavatraveler.com), Arief Priyono (Jurnalis Kantor Berita Antara), Alfandi Yahya (dosen IMT Universitas Ciputra), Agoes Tinus (Dosen IHTB Universitas Ciputra) dan unsur Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kediri.
“Harapan saya, lomba film dokumenter ini tidak hanya berhenti sampai di sini saja, tapi terus berlangsung hingga menjadi event tahunan,” kata Bupati Kediri, dr. Hj. Hariyanti Sutrisno saat memberikan sambutan sekaligus secara resmi membuka Festival Kelud 2012. “Kalau peserta tahun ini hanya Jawa Timur, tahun depan lomba film dokumenter ini harus bisa berskala nasional. Pemerintah Kabupaten Kediri akan mendukung sepenuhnya,” tegasnya.
Asisten  Perekonomian dan Pembangunan  Sekda Pemerintah Kabupaten Kediri, Dra. Wuryandari Josep, M.Si. selaku ketua panitia menyatakan, ”Jumlah peserta lomba ini jauh di atas ekspektasi kami yang hanya menargetkan 30 peserta. Kami sangat mengapresiasi kreatifitas para peserta.”
Direktur Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Drs. Bakri, MM. yang hadir dalam acara penganugerahan pemenang film dokumenter dalam sambutan menyampaikan, penyelenggraan Festival Kelud 2012 kali ini merupakan langkah baik yang di lakukan oleh Pemerintah Kabupaten Kediri.
"Kedepan, kami berharap pemerintah Kabupaten Kediri bisa mewujudkan kawasan Gunung Kelud sebagai kawasan desa wisata dengan berbagai media promosi, salah satunya lomba film dokumenter sebagai ajang pengenalan terhadap calon pengunjung," kata Drs. Bakri, MM.
Lomba film dokumenter tersebut akhirnya mengumumkan film Superman Goes to Kelud karya Lensa Kediri sebagai juara kategori umum yang berhak mendapatkan hadiah Rp 7.500.000, Isyarat Asap Naga karya Danu Sukendro  dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kediri sebagai juara kedua dengan hadiah Rp 5.000.000 dan The Magic Volcano karya adakita.com Pare sebagai juara ketiga dengan hadiah Rp 2.500.000. Sementara untuk kategori pelajar pemenangnya film Blazing Exotic of Dome Lava karya SMK YP 17 Pare keluar sebagai juara pertama dengan hadiah Rp 2.500.000, Amazing of Kelud 2012 karya SMAN 2 Kota Kediri sebagai juara kedua dengan hadiah Rp 1.500.000, dan Anak Gunung Kelud karya SMKN 1 Ngasem tampil sebagai juara ketiga dengan hadiah Rp 1.000.000. Penjurian berlangsung mulai 18 November 2012 hingga 21 November 2012 di Kediri dan Surabaya.
“Event lomba film ini patut diapresiasi dengan segala kekurangan dan kelebihannya. Event ini bisa jadi ajang untuk memotret Gunung Kelud secara holistik. Ternyata, Kelud tak hanya keindahannya yang mempesona, tapi juga banyak sisi lain kehidupan yang menarik untuk dikupas,” komentar Danu Sukendro, pemenang kedua yang juga anggota Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kediri. (adv/hms/kan)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Penganugerahan Pemenang Lomba Film Dokumenter Kelud Fest 2012"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA