KPU Gelar Sosialisasi Pemilukada



PROBOLINGGO, SMN - Sebagai persiapan menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pemilukada), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Probolinggo mengadakan Sosialisasi Pemilu Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, Jum’at (7/8) yang lalu.
Sosialisasi yang dilaksanakan di pendopo KPU Kabupaten Probolinggo di Kraksaan ini diikuti para Sekretaris Dinas, perwakilan SKPD, BUMN, BUMD dan pimpinan radio komunitas se Kabupaten Probolinggo.

Sosialisasi dibuka oleh Ketua (KPU) Kabupatan Probolinggo Gandhi Hartoyo didampingi anggota. Hadir pula Ketua Panitia Pengawas Pemilukada (Panwaslu) Kabupaten Probolinggo Hartoyo.
Pada sambutan pembukannya Gandhi menjelaskan sosialisasi tersebut merupakan langkah strategis dan efektif untuk menyampaikan hal-hal penting terkait pelaksanaan Pemilukada.
“Ini adalah langkah strategis untuk mensosialisasikan Pemilukada sebab peserta sosialisasi meliputi berbagai unsur yang nantinya diharapkan dapat menyampaikannya kembali kepada masyarakat di sekitarnya”, ujar Gandhi.
Setelah mengikuti sosialisasi tersebut Gandhi berharap seluruh peserta dapat memahami lebih dalam tentang pelaksanaan Pemilukada yang akan digelar 8 Nopember mendatang.
Acara siang itu dilanjutkan dengan penyampaian paparan oleh anggota KPU Kabupaten Probolinggo M. Zubaidi yang menjelaskan beberapa hal terkait pelaksanaan Pemilukada mulai dari tahapan global hingga hal teknis dalam pelaksanaan pemungutan suara nanti.
Berdasarkan jadwal yang sudah ditetapkan, penetapan pasangan calon dilaksanakan tanggal 17 September 2012 sementara penentuan nomor urut pasangan calon tanggal 24 September 2012.
M. Zubaidi menjelaskan, kampanye dilaksanakan selama 14 hari mulai tanggal 21 Oktober s/d 4 Nopember 2012. “Kampanye harus dilaksanakan dengan prinsip jujur, terbuka, dialogis serta bertanggung jawab dan merupakan bagian dari pendidikan politik masyarakat,” jelasnya.
Pada kesempatan tersebut M. Zubaidi juga menjelaskan tentang tata cara mencontreng dan sah atau tidak sahnya surat suara. Dijelaskan, pada Pemilukada kali ini pemilih tidak mencontreng surat suara sebagaimana Pemilu Presiden dan Wakil Presiden yang lalu tetapi pemilih kali ini harus mencoblos surat suara.
M. Zubaidi kembali mengingatkan waktu pemungutan suara. “Pemungutan suara akan dilaksanakan Hari Kamis tanggal 8 Nopmeber 2012 di TPS masing-masing mulai pukul 07.00 s/d 13.00 WIB,” terangnya.
Selanjutnya Ketua Panwaslu Kabupaten Probolinggo Hartoyo menyampaikan paparan mengenai tugas Panwaslu pada Pemilukada yang akan datang.
“Panwaslu bertugas sebagai quality control atau pengendali mutu untuk menjamin terlaksananya Pemilukada yang demokratis,” jelas Hartoyo.
            Selaku Ketua Panwaslu, Hartoyo berharap agar jangan sampai ada kekerasan yang terjadi selama proses Pemilukada. “Kita masih satu saudara, tetap jaga persaudaraan demi suksesnya Pemilukada untuk kepentingan kita bersama,” harapnya. (edy)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "KPU Gelar Sosialisasi Pemilukada"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA