Warga Jadi Korban Praktek Pungli Perangkat Desa Jetis


        Bondowoso, SMN - Transparansi dan akuntabilitas semua aspek kegiatan termasuk kinerja pemerintahan dan seharusnya sudah dilakukan. Namun tidak demikian yang terjadi oleh oknum di Desa Jetis Kec. Curahdami Kab. Bondowoso dalam melakukan pelayanan publik bagi warga sekitarnya seorang perangkat desa melakukan pungutan yang tidak wajar dalam hal pembuatan akte kelahiran.
Menurut keterangan salah seorang warga setempat pembuatan akte kelahiran telah dipermainkan oleh seorang perangkat desa setempat.
Pembuatan akte kelahiran ini telah berjalan kurang lebih 2 tahun dan ada 3 akte yang pada masa itu pungutan mencapai 200 ribuan. Namun ironisnya sampai berita ini dimuat belum ada kejelasan kapan akte tersebut selesai dan diserahkan kepada yang berhak. Merasa dirugikan dan jadi korban, warga menceritakan hal ini kepada tim SMN yang saat itu melakukan aktivitasnya. Konfirmasipun dilakukan kepada kaur tersebut. Dalam keterangannya membenarkan bahwa dia yang mengurus akte kelahiran itu namun didaftarkan ke akte masal.
Kaur Desa Jetis Fajar / Hafid selanjutnya mau bertanggung jawab atas penyelesaian akte tersebut. Dan hal ini berkaitan dengan pegawai Dispenduk Capil (tidak mau menyebut namanya) yang ikut dalam proses pembuatannya.
Namun setelah sehari tim SMN konfirmasi ke Kaur Fajar, tiba-tiba ada panggilan masuk dan mengaku sebagai RT di Dusun Pelalangan Desa Jetis. Dalam keterangannya dia mengatakan bahwa akte kelahiran tersebut sudah selesai dan ada dirumahnya namun yang belum selesai adalah Kartua Keluarga (KK), imbuhnya.
Kejanggalan prosedurpun nampak disini, benarkah pembuatan akte kelahiran tanpa Kartu Keluarga (KK) bisa dikeluarkan? Jika pembuatan akte kelahiran masal kenapa masih ada pungutan? sudah prosedurkah  profesionalisme kinerja ketiga aparat pemerintah (RT, Kasun Fajar/Hafid dan Dispenduk Capil) tersebut. Bersambung… (tim)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Warga Jadi Korban Praktek Pungli Perangkat Desa Jetis"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA