Pelatihan Penanggulangan Bencana

Ir Dewanto Eko Putro
Ponorogo, SMN
Seringnya muncul  tanda-tanda akan adanya bencana alam membuat banyak pihak diponorogo merasa was-was.Termasuk juga Kepala  Dinas PU  Ponorogo Ir. Dewanto Eko Putro,dengan itu dia segera tanggap akan kondisi  ini. Dalam upayanya untuk mempersiapkan skenario apabila nantinya benar-benar terjadi bencana. Kemudian Dinas PU mendatangkan tim Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi  Badan Geologi Kementrian ESDM dari Bandung guna memetakan,menyusun dokumen rencana kontinjensi bencana geologi serta mendeteksi gejolak-gejolak alam yang memicu terjadinya bencana alam di Ponorogo, yang salah satunya adalah suara gemuruh diseputaran gunung wilis.
Selain itu juga tim memberikan pelatihan kepada semua elemen yang berkaitan langsung dalam rangka persiapan secara dini bila terjadi bencana.Bertempat di hotel Latiban telah berlangsung tanggal 11-14 april 2011. Dimana pembukaanya dilakukan oleh Bupati Ponorogo H. Amin. SH.Peserta pelatihan adalah berasal dari KODIM, POLRES, BAPEDA,Kehutanan,Dinas PU. pramuka, Tagana PMI, Telkom, PDAM, PLN, Dinkes, Dinas Pendidikan, Bkesbangpollinmas, muspika dan perangkat desasekitar daerah bencana.
"Pelatihan yang dilakukan oleh pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi ini sangatlah istimewa karena seluruh peserta yang tinggalnya jauh dari tempat pelatihan diberikan penginapan dan segala keperluan selama pelatihan," terang Bupati H. Amin. SH. Maka dia juga berpesan kepada para peserta pelatihan yang hadir agar supaya mengikuti pelatihan ini dengan serius,dengan harapan bisa diterapkan kepada masyarakat apabila sewaktu-waktu dibutuhkan. Dalam sambutanya Bupati juga nenyampaikan agar semuanya bisa mengikuti pelatihan sampai selesai, tanpa ada yang absen,"jika ada yang bolos atau absen harus lapor saya,mengingat pentingnya apalagi setiap peserta akan mendapatkan ilmu dan sertifikat", tegasnya.
"Kami berharap nantinya ilmu yang telah kami tularkan bisa digunakan dengan benar dan semestinya,dan dari pelatihan ini juga akan menimbulkan kewaspadaan masyarakat apabila sewaktu-waktu terjadi bencana". tegas Ir. Gatot M Sudradjat. MT, karena pelaksanaan pelatihan ini adalah tanggung jawabnya selaku perwakilan dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Bandung.
Sementara ketika ditanya tentang fenomena di Ponorogo yaitu sering terdengarnya suara gemuruh disekitar gunung wilis dia mengatakan bahwa kondisi daerah itu terdiri dari endapan vulkanologi muda,sehingga rawan adanya longsoran dan gempa akan tetapi masih dibawah 2 MMI,sehingga dia menghimbau kepada semua warga Ponorogo untuk tenang dan tidak resah karena masih dalam titik aman. (ars)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Pelatihan Penanggulangan Bencana"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA